Jakarta, RMOL. Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), satu satunya organisasi perangkat desa seluruh Indonesia, sejak Minggu (2/5) lalu menggalang dukungan tandatangan dari anggota DPR terutama anggota Komisi II untuk menggolkan RUU tentang Desa. Penasehat PPDI, Suryokoco Adiprawiro menyatakan sampai saat ini PPDI sudah mendapatkan dukungan tertulis dari beberapa anggota komisi II, salah satunya adalah Arif Wibowo dari fraksi PDI Perjuangan.

“Hari ini delapan orang perwakilan PPDI akan menemui Hanura, Gerindra, PAN, Demokrat. Kemarin kami telah bertemu dengan Pak Priyo Budi Santoso dan beliau siap membuat pernyataan dukungan diatas kop Wakil Ketua DPR bila fraksi-fraksi sudah ada tandatangan,” beber Suryokoco kepada Rakyat Merdeka Online, sesaat lalu (Jumat, 4/6).

Sebelumnya, pada 19-21 Mei lalu, PPDI telah mendapatkan dukungan lisan dari hasil audiensi dengan DPR. Dukungan itu berasal dari fraksi PDIP, PKB, PAN, Golkar, Demokrat, Gerindra dan Hanura.

Dalam kesempatan penggalangan dukungan hari ini, PPDI juga menyerahkan masukan tentang RUU Desa dan Pedesaan yang diusulkan PPDI berdasarkan hasil dari lokakarya dan konsultasi publik yang digelar pada 30- 31 Mei 2010 lalu di Pangandaran, Jawa Barat.

Beberapa hasil lokakarya dan konsultasi publik tersebut adalah pertama, setelah di PNS-kan perangkat desa siap bekerja di luar jam kerja. Kedua, masa jabatan kepala desa (Kades) 10 tahun dapat dipilih lagi untuk satu masa jabatan berikutnya. Ketiga, pemilihan kepala desa (Pilkades) dilakukan serempak dalam satu kabupaten atau kota. Keempat, penghasilan kepala desa minimal dua kali penghasilan perangkat desa. Kelima, RUU yang disiapkan adalah tentang desa dan perdesaan bukan sekedar desa tapi juga pembangunan perdesaan.

Rencananya, PPDI juga akan melakukan aksi pada Rabu depan (9/6) di depan kantor Kementerian Dalam Negeri untuk meminta Mendagri, Gamawan Fauzi membuat pernyataan dukungan atas hasil lokakarya dan konsultasi publik yang telah dilakukan tersebut.

Hasil rumusan dalam bentuk RUU Desa dan Perdesaan akan diserahkan pada Mendagri pada acara tersebut. Jumlah anggota PPDI yang akan masuk ke Jakarta diperkirakan 5.000 orang dan direncanakan mulai masuk ke Jakarta pagi harinya di masjid Istiqlal. [zul / rakyatmerdeka.co.id / 04 Juni 2010 ]