Author: adminmim

Akhir Keputusannya #sayacoblossemua

Sungguh saya hanya ingin melihat Indonesia yang damai, tapi begitu ringan para pendukung menebar fitnah, saling olok dan saling cela yang rasanya jauh dari kepribadian bangsa ini. Sungguh saya hanya ingin melihat pemimpin yang amanah, maka saya hanya ingin mendo’a semoga semua calon Presiden mampu menjadi pemimpin yang amanah melakukan semua janji janji politiknya Sungguh saya ingin memilih satu diantara mereka, tapi  saya sungguh sungguh tidak ingin salah memilih yang terbaik diantara mereka. Sungguh saya ingin mampu memilih yang terbaik diantara mereka, tapi sungguh lebih banyak orang yang mampu memberikan penilaian siapa yang terbaik diantara mereka. Akhirnya saya harus...

Read More

Dana Desa APBN Nggak Sampai Semiliar ?

Pada UU no 6 Tahun 2014 tentang Desa disebutkan dalam Bagian Keuangan Desa  (pasal 71 – 77). Disebutkan  sumber pendapatan desa salah satunya adalah alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Anggaran bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( ADD APBN )  ini adalah dalam rangka  mengefektifkan program yang berbasis Desa secara merata dan berkeadilan. ADD APBN adalah anggaran yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/ Kota yang digunakan untuk membiayai penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan. ADD APBN ditentukan 10% (sepuluh perseratus) dari dan di luar dana...

Read More

Menanya Ide.. BANK DESA…. Capres

Usil seputar gagsan pembiayaan para capres untuk pertanian dan perdesaan… UU 24 Tahun 1992 menyebutkan kawasan perdesaan  adalah Suatu kawasan yang aktifitas utamanya atau aktifitas ekonomi penduduknya bersandar pada pengelolaan sumberdaya alam setempat atau pertanian. Prabowo Hatta..  hal 3 … akan mendirikan Bank Tani Nelayan. JOKOWI JK…  hal 30  …  akan membangun Bank Khusus pertanian. Yang menarik adalah….  Bila bicara pertanian maka selayaknya bicara Perdesaan.. nah kalo bicara pembiayaan untuk perdesaan maka ada Badan Kredit Desa ( BKD)… yang Sesuai dengan Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia  Nomor : 31/63/KEP/DIRR tanggal 09 Juli 1998, Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan Badan Kredit...

Read More

Tantangan Untuk Capres

Dalam hal desa menjadi seksi karena menjelang pemilihan legislatif telah disahkan UU Desa, maka para caprespun ternyata dalam visi misi menyebutkan urusan desa dalam alinia khusus. Meski sama sama memiliki 8 hal utama, tenyata ada sisi penempatan yang berbeda. Berikut adalah catatan saya : PRABOWO – HATTA – no urut 1 Dalam Agenda Program Nyata untuk menyelamatkan Indonesia, Point ke II Melaksanakan Ekonomi Kerakyatan angka ke 6 menyebutkan : Mengalokasikan dana APBN minimal 1 milyar rupiah ( Rp. 1 milyar ) per Desa / Kelurahan per tahun langsung ke Desa / Kelurahan dan mengimplementasikan Undang-Undang tentang Desa. Dana APBN...

Read More

Pertanyaan Mbah Manten Tentang Partai Indonesia

Malam itu tidak seperti biasanya, mbah manten ( mantanKepala Desa ) dari lereng sumbing menelepon tengah malam. Dalam dialog adabeberapa pertanyaan yang begitu saja mengalir aku jawab tanpa beban. Mbah Manten : Aku denger kamu mau bikin partai ? Aku : Injih mbah betul, ada petunjuk mbah ?   Mbah Manten : Nggak kapok ya kamu, udah pernah dibuatsengsara, penuh fitnah menghajar kok masih aja main main politik. Urus ajaormasmu memangnya kenapa ? Aku : Ormas nggak bisa membuat perubahan besar mbah, butuhpegang kekuasaan untuk mampu melakukan perubahan besar. Apa yang kitaperjuangkan yang baik diterima dan dijadikan kampanye partai yang ada. Dosa lohmbah...

Read More

Pin It on Pinterest