Seperti biasa Paijo anak desa yang sekarang menjadi mahasiswapulang ke kampung sebulan sekali. Sesampai di rumah Paijo kelihatan bingung danbanyak melamun. Datang sang kakek dan ditanyalah si Paijo.

Kakek : Jo, mukamu kok lusuh kenapa..?

Paijo : Mikir BBM harganya naik mbah…\

Kakek : Memang urusan sama kamu apa..?

Paijo ; Itulah yangbkin saya bingung, teman teman ngajak demo, saya masih nggak mudeng…

Kakek : Kamu pengin jawaban penjelasan dari siapa, kalopenjelasan presiden SBYsudah ada di TV, he he he he…

Paijo : kalo penjelan dari Presiden sudah meninggal bisa nggak mbah…  (sambil meringis)

Kakek : bisa, nanti malam kamu mbah kasih bacaan seblum tidur ya….

Dan pagi harinya.. kakek bertanya ke paijo…

Kakek : piye jo, udah dapat jawaban…?

Paijo ; Sudah mbah…

Kakek ; Apa jawabannya…?

Paijo bercerita :

Pertama saya ketemu Bung Karno, ternyata memang nganteng lombah. Pas saya Tanya paijo harus bagiamana dengan BBM Naik, Bung karno menjawabdengan lantang, Hey anak muda, kamu harus melawan, Negeri kamu sudah distirsama modal asing dan kamu sekarang sudah dijajah oleh bangsamu sendiri.

Kedua paijo ketemu dengan Pak Harto, jawaban beliau adalah,Kamu ini anak muda, mahasiswa, tugasmu belajar. Belajarlah yang benar, apakarena BBM naik kamu jadi nggak bisa kuliah ?, apa karena BBM naik orang tua mujadi jatuh miskin, nggak to ?. Jadi bapak saranken, kuliah yang bener, dan kalokamu bisa coba temukan bahan bakar alternative.

Terakhir paijo ketemu dengan Gus Dur, Jawaban Gus Dur,apabisa kamu membatalkan eknaikan BBM…?, nggak bisa ta…?… kamu punya duapilihan (1) nggak usah beli BBM atau (2) beli saja BBM di luar Pertamina, lahwong Indonesia sudah masuk pasar bebas ta…?… gitu aja kok repot….

Kakek : jawabane apik apik  itu…

Paijo : Apik gimana mbah, saya tambah bingung….

Kakek : lah kok bingung…?

Paijo ; Saya saya nggak mampu melawan penjajahan bangsasendiri, saya juga mahasiswa bodo yang nggak bisa cari Bahan Bakar Alternatif,dan saya juga nggak pernah beli BBM lah wong tempat kos ke kampus saya juga Cuma naik sepeda angin, khan emak, bapak simbah nggak pernah beliin paijo sepeda motor ta…..?

 

Kakek ; walah trembelane…. Bocah goblok kok bingungan…..