Facebook saat ini merupakan situs jejaring social hebat serta sebagai media informasi dan komunikasi bahkan promosi dimana  banyak orang bahakan menggantungkan hidupnya di Facebook. Banyak orang menjadi kaya raya dariFacebook, menjadi terkenal, menemukan orang yang sudah lama tidak ketemu jugadari Facebook.

Sebagai catatan, Berdasar pengukuran menggunakan menggunakansocialbakers.com ,data pengguna Facebook (FB) di Indonesia pada Minggu ketigadi bulan Maret 2012 pengguna facebook di Indonesia mencapai 43.523.740, sungguh angka yang fantastis. Artinya hampir lebih dari 60% pengakses internet di Indonesia

Desa tidak cukup dan tidak tepat menggunakan akun Personal

Beberapa Kepala Desa dan Perangkat desa telah menginisiasimembuat akun personal / pribadi dijadikan akun seolah olah “akun Desa” sedang sebenarnya hanyalah akun personal.

Akun facebook personal hanya  membatasi hanya boleh meng ADD sampai 5.000teman. Setelah mencapai batas maksimal tersebut kita tidak diperbolehkan mengADD/ di ADD teman ataupun suka suatu fan page.

Jelas batas 5.000 pertemanan jauh dari cukup ntuk sarana menginformasikankeberadaan desa atau pengenalan website desa (apabila sudah ada).  Karena 5.000 teman tersebut mungkin jugabanyak yang tidak selalu aktif di dunia Facebook.

Berikut ini adalah Manfaat Fanpage Desamu

    1. Cara sederhana untuk Pemerintahan Desa memiliki media informasi resmi di dunia internet, caranya mudah dan untuk update bias melibatkan beberapa admin / pengurus
    2. Untuk Desa yang sudah memiliki blog / website dapat mempromosikan blog / website nya  ke fans page Desa ini  Berdasarkan pengalaman dalam 1x promosi! Bisa sampai 3 – 15 % penyuka (likers) akan berkunjung ke blog / website.
    3. Sangat bermanfaat untuk warga, perantau dan parapihak untuk melakukan komunikasi langsung pada pemerintah desa.
    4. Untuk desa yang sudah memiliki blog / websitepasti sangat merugi bila belum mempunyai fan page untuk mengarahkan feednya,karena seperti blog zona aneh ini, traffic dari Facebook malah lebih besar darigoogle search engine. Jadi buruan buat fan page Desamu klik disini www.fb.com/blogdesaindonesia ……….

Saya bersama Relawan Pemberdayaa Desa Nusantara mencoba memulai mengajak teman teman apartur desa untuk menjadikan Fanpage facebook menjadi media komunikai pemerintah desa kepada public…. Untuk memulainya silahkan baca….  https://www.facebook.com/notes/bikin-fanpage-desamu/cara-membuat-fanpage-desamu-/488590164529002