Jakarta, RMOL. Uji coba kendaraan roda empat berbahan bakar singkong (BBS) akhirnya memasuki hari ketiga perjalanan Jakarta-Surabaya-Jakarta.

Saat ini, tim ekspedisi BBS yang diprakarsai Komite Nasional Masyarakat Indonesia (KNMI) tersebut dalam perjalanan kembali ke Jakarta. Setelah pada hari Selasa kemarin (25/5), sesuai jadwal tiba di Surabaya, Jawa Timur. Ketua Tim Ekspedisi, Suryokoco memastikan tidak ada kendala berarti yang dirasakan selama uji coba berlangsung bahkan bernilai ekonomis.

“Sangat lancar (saat menuju Surabaya) dan sekarang dalam perjalanan pulang ke Jakarta. Sampai di Tegal tadi baru isi bahan bakar lagi sekitar 20 liter etanol. Dari Jakarta kan 80 liter,” tuturnya saat dihubungi Rakyat Merdeka Online, Rabu (26/5).

Meski ia mengakui sempat ada persoalan teknis karena komposisi pengisian BBS pada kendaraan Avanza untuk biopremium 50 persen yang digunakannya tidak imbang sehingga menyebabkan tarikan mesin mobil kurang tinggi.

“Tanpa alat tambahan (konvertor) perbandingan etanol dengan bensin lebih dari 50 persen memang tarikannya agak kurang tinggi,” beber Suryo yang juga Ketua Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan KNMI ini.

Namun hal terpenting, masih kata dia, saat timnya berkunjung ke kantor Gubernur Jawa Tengah di Jalan Pahlawan, Semarang, siang tadi, uji coba BBS langsung mendapatkan apresiasi dari incumbent Bibit Waluyo. Saking antusiasnya, purnawirawan TNI tersebut sempat mencoba mengemudi salah satu mobil BBS.

“Gubernur menganggap ini temuan yang bagus untuk mengantisipasi krisis energi. Ke depan energi terbarukan seperti ini harus diterapkan. Tadi dalam perjalanan pulang Pak Gubernur juga minta ada presentasi detil dengan dinas teknis terkait untuk dirancang program pemasyarakatan singkong,” ulas Suryo mengutip pernyataan Bibit. [wid / rakyatmerdeka/ 26/05/2010 ]

Pin It on Pinterest

Share This